Tugas 2.1.a.4.2 – Tugas Eksplorasi Konsep – Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

TUGAS PEMAHAMAN EKSPLORASI KONSEP
MODUL 2.1 PEMBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Fasilitator               : Suhut Sudirman Simamora S.Pd
Pengajar Praktik     : Dra. Sri Indrawati Prihatin Ningsih, M.S

Pada Bagian ini CGP akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman Anda tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer, Silakan lengkapi diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Jelaskanlah:

  1. Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?
    Pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya.
  2. Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?
    Lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar
    – Tujuan pembelajaran jelas
    – Terdapat penilaian berkelanjutan
    – Guru merespon kebutuhan belajar siswa
    – Manajemen kelas efektif
  3. Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?
    Guru memvariasikan materi/media pembelajaran
    – Hasil tugas siswa beragam atau lebih dari satu macam
    – Ada diagnosis kemampuan awal siswa
    – Mengutamakan nilai formatif
  4. Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi?
    Pembelajaran berpusat pada guru
    – Tugas dan penilaian sama tanpa memperhatikan karakteristik siswa
    – Tidak ada pemetaan kemampuan dan kebutuhan siswa
    – Materi hanya berfokus pada buku paket

DIAGRAM FRAYER