Modul 2.3.a.5 – Ruang Kolaborasi – Coaching Untuk Supervisi Akademik

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI
MODUL 2.3 COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK 

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Fasilitator               : Suhut Sudirman Simamora S.Pd
Pengajar Praktik     : Dra. Sri Indrawati Prihatin Ningsih, M.Si

Percakapan coaching dengan alur TIRTA dan supervisi akademik yang menggunakan paradigma berpikir coaching baik melalui pembelajaran mandiri dan diskusi. Sekarang saatnya Anda berkolaborasi dengan rekan calon guru penggerak lainnya untuk membentuk  komunitas praktisi secara daring.

Pada sesi latihan ini, Anda akan bekerjasama dengan satu CGP lainnya untuk berlatih percakapan coaching dengan alur TIRTA dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Secara bergantian, sepasang CGP akan berlatih percakapan coaching dengan model TIRTA baik sebagai coach maupun sebagai coachee. Pada sesi 1, CGP X akan menjadi coach bagi CGP Y. Berikutnya, CGP Y akan menjadi coach bagi CGP X.
  2. Topik atau hal yang akan dijadikan bahan percakapan coaching bisa merupakan situasi sehari-hari baik sebagai seorang guru maupun pribadi. Bahkan, bisa merupakan topik yang sangat sederhana.
  3. Pastikan langkah-langkah dalam percakapan coaching alur TIRTA dalam berlatih percakapan coaching dipraktikkan dengan baik
  4. Setelah bergantian berlatih mempraktikkan percakapan coaching, setiap CGP akan memberikan refleksinya masing-masing dengan format refleksi yang disediakan.

Setelah Anda berlatih dengan rekan Anda, sekarang saatnya untuk mempraktikkan percakapan coaching dan memberikan refleksi mengenai praktik percakapan coaching yang telah dilakukan di dalam kelompok bersama fasilitator. Pastikan Anda sudah berlatih dengan baik. Praktik percakapan coaching ini akan diamati oleh sesama CGP lainnya dan fasilitator. Harapannya, setelah masing-masing pasangan CGP mempraktikkan percakapan coaching dan memberikan refleksinya masing-masing, CGP lain dan fasilitator dapat memberikan umpan balik berdasarkan data dan refleksi mengenai praktik CGP tersebut. Praktik ini juga akan dinilai oleh fasilitator dengan menggunakan rubrik penilaian.

PRAKTEK COACHING LIHAT PADA VIDIO

 

REFLEKSI DIRI LATIHAN COACHING

Nama CGP Hairi Defi
Coach Hairi Defi
Coachee Ita Desnatalia
Refleksi Diri
  • Apa yang sudah berjalan dengan baik selama percakapan?
  • Apa yang masih perlu diperbaiki/ditingkatkan?
  • Apa yang Bapak/Ibu lakukan untuk tetap dalam kondisi presence (kehadiran penuh) sebelum dan saat melakukan coaching?
  • Apa yang akan Bapak/Ibu lakukan untuk memperbaiki/meningkatkannya?
Tuliskan Hasil Refleksi Anda:

  • Yang sudah berjalan dengan baik adalah kemitraan coach dan cochee, sehingga cochee dapat dengan leluasa menyampaikan pendapatnya.
  • Yang perlu di perbaiki/ditingkatkan adalah cara coach mengajukan pertanyaan bermutu sehingga kekuatan dan potensi yang ada pada diri cochee dapat tergali dengan baik
  • Agar tetap dalam keadaan presence (Kehadiran penuh) sebelum melakukan coaching maka kita harus memiliki terlebih dahulu gambaran-gambaran pertanyaan yang akan diajukan dan membuat catatan kecil dari apa yang di sampaikan cochee
  • Untuk memperbaiki/meningkatkan kemampuan coaching saya akan terus berlatih dengan melakukan praktek coaching dan merefleksikan hal-hal yang masih dirasa kurang 

Tuliskan Umpan Balik dari Coachee Anda:
Pertanyaan untuk coachee: Apa yang Anda rasakan pada saat dicoaching?

Saya merasa senang sudah dapat melakukan refleksi dan memperoleh solusi dari permasalahan yang di hadapi