Tugas 2.1.a.4.1 – Forum Diskusi Eksplorasi Konsep – Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

TUGAS FORUM DISKUSI EKSPLORASI KONSEP
MODUL 2.1 PEMBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Fasilitator               : Suhut Sudirman Simamora S.Pd
Pengajar Praktik     : Dra. Sri Indrawati Prihatin Ningsih, M.Si

CGP diminta untuk menyimak vidio dan membaca artikel, setelah menyimak video dan membaca artikel tersebut, Bapak/Ibu akan mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan isi video dan artikel tersebut dengan rekan satu kelas Anda secara asinkron. Anda akan diminta memberikan pendapat tentang isi video dan artikel  yang telah disaksikan dan dibaca tersebut.

Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?
Jawaban Soal 1
Video 1:
 berisi tentang stratetgi pembelajaran diferensiasi, yang mana harus memahami 3 aspek pemetaan kebutuhan murid, yaitunya:

  1. Kesiapan belajar,
  2. Minat belajar murid,.
  3. Profil belajar murid.

Ketiga aspek ini menentukan strategi pembelajaran diferensiasi,yakni:

  1. Diferensiasi konten,
  2. Diferensiasi proses,
  3. Difensiasi produk.

Video 2: berisi tentang informasi lingkungan belajar yang dibangun dengan membuat:

  1. Komunitas belajar Setiap orang di dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut oleh orang lain.
  2. Setiap orang di dalam kelas saling menghargai
  3. Murid merasa aman, menciptakan murid berani dalam mengemukakan pendapat
  4. Ada harapan bagi pertumbuhan, memahami pertumbuhan yang ditujukkan murid. Pertumbuhan setiap murid berbeda-beda walapun hanya sedikit guru tetap mengapresiasinya.
  5. Guru mengajak murid untuk mencapai kesuksesan, pengalaman belajar mendorong murid lebih cepat, sedikit melampaui apa yang telah dikuasainya, guru memberikan dukungan sehingga murid tidak merasa frustasi tetapi mencapai kesuksesan.
  6. Adanya bentuk keadilan dalam bentuk nyata. Semua murid berhak mendapatkan perlakukan yang sama di dalam kelas.
  7. Guru berkolabroasi dengan murid untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bersama, adanya tanggung jawab masing-masing agar pembentukan dan tercipta kelas yang efektif.

Salah satu penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu penilaian formatif, yang bertujuan untuk memantau pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan murid.

Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?
Jawaban Soal 2

  1. Dalam melakukan penilaian pada proses pembelajaran berdiferensiasi, penilaian pada masing-masing murid berbeda-beda, sesuai dengan kemampuan murid tersebut, sehingga sangat diperlukan ribrik penilaian yang autentik.
  2. Pengaruh penting lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran diferensiasi
  3. Mengimplementasikan stategi pembelajaran berdiferensiasi dalam kegiatan belajar di kelas.

Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?
Jawaban Soal 3
Yang paling sulit diimplementasikan yaitu Ketika kitabharus memahami kesiapan murid, minat belajar murid dan profil belajar murid yang berbeda-beda. Karena pada pembelajaran berdiferensiasi kita juga butuh dukungan dari kepala sekolah, rekan guru dan juga orang tua murid agar kitab isa menggali informasi terkait dengan murid tersebut.

Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?
Jawaban Soal 4
Bagaimanakah cara menyurun perangkat pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka?