Modul 1.3.a.6.- Demonstrasi Kontekstual – Visi Guru Penggerak

TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Fasilitator              : Suhut Sudirman Simamora, S.Pd
Pengajar Praktik    : Dra. Sri Indrawati Prihatin Ningsih, M.Si

Paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif di sekolah. IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang ada di sekolah, mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan ke arah yang lebik baik.

Agar dapat menerapkan Inkuiri Apresiatif (IA), maka Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan metode BAGJA, yaitu B (Buat pertanyaan) berisikan pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan arah penelusuran, A (Ambil pelajaran) memandu bagaimana pengalaman positif dari individu, kelompok atau komunitas lain yang akan dijadikan pembelajaran, G (Gali mimpi) berupa narasi keadaan ideal jika Prakasa perubahan telah terwujud, J (Jabarkan rencana) mengidentifikasi tindakan-tindakan yang akan dilakukan, A (Atur eksekusi) membantu transformasi rencana menjadi nyata.

Visi Guru Penggerak “Berbudaya, Berkarakter Profil Pelajar Pancasila, Cinta Tanah Air dan Peduli Lingkungan”. Prakarsa perubahan diri berfokus pada visi aspek murid yang berkarakter yaitu Kreatif yang mencerminkan salah satu dimensi dari profil pelajar Pancasila.

– V I S I –
Berbudaya, Berkarakter Profil Pelajar Pancasila, Cinta Tanah Air dan Peduli Lingkungan

PRAKARSA PERUBAHAN
Kreatif yang Mencerminkan Salah Satu Dimensi dari Profil Pelajar Pancasila

Untuk Tahapan BAGJA Lihat pada Vidio DIbawah Ini: