Modul 1.2.a.8 – Koneksi Antar Materi Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

TUGAS KONEKSI ANTAR MATERI
MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Setelah saya mempelajari modul 1.1 sampai 1.2 ini banyak hal yang bisa saya pelajari dan menjadikan pedoman perubahan pembelajaran berikutnya, disini saya menggunakan model refleksi 4P sebagai berikut:

  1. PERISTIWA
    Momen yang paling penting dan sangat menantang sehingga mencerahkan bagi saya    sebagai Guru Penggerak sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan mempunyai nilai-nilai dan peran guru penggerak dimana seorang Guru Penggerak harus mampu untuk mengembangkan nilai-nilai guru penggerak untuk dapat menciptakan merdeka belajar bagi murid.
    sebagai Guru Penggerak sesuai dengan filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan mempunyai nilai-nilai dan peran guru penggerak dimana seorang Guru Penggerak harus mampu untuk mengembangkan nilai-nilai guru penggerak untuk dapat menciptakan merdeka belajar bagi murid.
  2. PERASAAN
    Saat momen itu terjadi, saya merasa bahwa selama ini saya belum bisa menjadi guru yang sesuai dengan apa yang telah saya pelajari di modul 1.1 dan modul 1.2 karena selama ini saya belum benar-benar memahami filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan nilai-nilai dan peran guru penggerak. Dari segi nilai dan peran sebagai guru penggerak banyak dari nilai dan peran tersebut saya masih belum memiliki secara utuh.
  3. PEMBELAJARAN
    Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa proses pembelajaran adalah proses bagaimana guru harus bisa memberi pemahaman siswa terkait dengan materi yang kita sampaikan. Pembelajaran yang selama ini dilakukan hanya fokus untuk kepentingan agar siswa mampu menjawab soal, dan dalam mengajarkan satu materi dengan kelas yang berbeda, guru melakukan pembelajaran dengan metode yang sama tanpa mementingkan karakteristik mereka yang berbeda. Namun, sekarang saya berpikir bahwa apa yang sudah saya lakukan selama ini tidak sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara.
    Dengan mempelajari modul 1.1 dan 1.2 akhirnya saya paham bahwa sebagai guru harus benar-benar mehamai karakteristik siswa dan kebutuhan siswa sehingga bisa melakukan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Banyak perubahan yang harus saya lakukan dalam pembelajaran di kelas agar mampu melakukan pembelajaran yang sesuai dengan Ki Hajar Dewantara dan sesuai dengan nilai dan peran seorang guru penggerak.
  4. PENERAPAN KE DEPAN
    Pengembangan diri yang sederhana, kongkret, dan rutin, yang dapat saya lakukan sendiri mulai dari sekarang untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak:
    • Melaksanakan pembelajaran yang berpihak kepada murid, menuntun/ bersikap among sesuai dengan minat, bakat, dan tentunya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman
    • Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang bervariatif sehingga murid-murid tidak bosan dan menciptakan inovasi-inovasi yang berbasis teknologi yang bisa untuk menunjang pengelolaan manajemen sekolah sesuai dengan tuntutan zaman
    • Selalu melakukan refleksi di setiap pertemuan. Refleksi sangat penting guna menggali kemampuan daya ingat dan daya nalar, sehingga mampu mengevaluasi sesuatu dengan tepat dan penuh solusi.
    • Menambah ilmu dan wawasan dengan mengikuti kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi nilai-nilai dan peran Guru Penggerak.
    • Berkolaborasi dengan berbagai pihak agar dapat menggerakan komunitas praktisi.