Modul 1.2.a.6 – Demonstrasi Kontekstual Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

TUGAS DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
MODUL 1.2 NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Pada modul 1.2 ini, Calon Guru Penggerak diintruksikan untuk dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah para Calon Guru Penggerak tersebut mengikuti rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak
Gambaran Diri sebagai Guru Penggerak di Masa Depan Setelah Saya menjalani peran saya sebagai guru penggerak selama 3 tahun yaitu:
Saya adalah seorang lulusan Guru Penggerak yang memiliki dedikasi, motivasi  yang tinggi bagi diri sendiri orang lain bahkan juga komunitas  untuk mewujudkan dunia Pendidikan yang berkualitas dengan menjalankan peran saya sebagai guru penggerak secara maksimal demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila, dengan menjalankan filosofi among Ki Hadjar Dewantara: Ing Ngarso Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, dan menerapkan pengajaran yang berpusat pada anak serta siap bergerak dan menggerakkan serta berkolaborasi dengan rekan guru untuk saling bersinergi dalam proses pembelajaran dan tidak lupa selalu mereflaksi diri saya untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada diri saya dan memperbaikinya dengan memperbanyak pengetahuan-pengetahuan baru dengan cara mengikuti berbagai pelatihan dan mengembangkan seluruh ilmu yang telah saya miliki untuk kepentingan kemajuan sekolah dan masyarakat.

Dimasa depan setelah 3 tahun menjalani peran saya menjadi guru penggerak nilai-nilai guru penggerak yang saya kuasai yaitu:

  1. Berpihak Pada Murid
    Saya sudah mampu menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan memaksimalkan membimbing dan membina murid sehingga tidak hanya sebagai pengajar namun dapat menjadi penuntun dan menjadi fasilitator dalam proses pengembangan potensi dan pembentukan karakter murid, sehingga menjadi pribadi yang baik sesuai dengan profil pelajar Pancasila dan berakhlak mulia
  1. Mandiri
    Memiliki rasa ikhlas dan kesadaran dalam diri untuk dapat melakukan perubahan yang signifikan dan menyeluruh, baik itu di dalam diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan senantiasa meningktakan motivasi dalam diri, mempelajari hal-hal baru agar lebih keratif dalam memimpin pembelajaran yang berpihak pada murid.
    Mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap sesuatu yang ditugasakan dan juga memiliki inisiatif dan kreatif dalam mengembanagkan diri dalam mengikuti berbagai pelatihan tanpa di perintah atasan dan mampu menerima perubahan untuk memajukan dunia pendidikan.
  1. Reflektif
    Dalam mengamalkan nilai reflektif guru penggerak dimasa depan saya mampu memaknai apa yang saya alami dan apa yang terjadi di sekeliling baik pada diri sendiri maupun orang lain dan saya harus mau mengevaluasi kembali diri saya mengenai hal-hal yang dialami baik yang positif maupun yang negative, dari hasil evaluasi diri itulah nantinya dapat dijadikan muhasabah diri sebagai tolak ukur untuk memperbaiki kualitas diri dikemudian hari sehingga dapat di jadikan pembelajaran dan panduan dalam menjalankan peran saya sebagai guru penggerak dan melakukan perbaikan-perbaikan serta meminta umpan balik dari orang sekeliling seperti teman sejawat unsur pimpinan demi kemajuan sekolah dan dunia pendidikan
  1. Kolaboratif
    Saya akan selalu berkolaborasi dengan unsur pimpinan dan rekan sejawat dan pemangku kepentingan bahkan masyarakat guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas, terutama berkolaborasi dalam hal pembinaan minat dan bakat seperti ekstra kurikuler.
  1. Inovatif
    Saya mampu mencetuskan ide-ide baru yang tepat guna sesuai dengan sistuasi atau permasalahan yang ada pada saat itu, dan saya juga mampu menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Saya juga akan menciptakan inovasi-inovasi yang berbasis teknologi yang bisa untuk menunjang pengelolaan manajemen sekolah