Modul 1.1.a.9 – Aksi Nyata Penerapan Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

 

AKSI NYATA PENERAPAN FILOSOFI PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA
TUGAS CALON GURU PENGGERAK

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG-SUMATERA BARAT

Perasaan selama melakukan perubahan di kelas

Sebelum saya mengikuti calon guru penggerak, saya belum memahami sepenuhnya bagaimana filosofi dari pemikiran KHD yang harus diterapkan dalam proses pembeajaran, sehingga proses pembelajaran masih menggunakan sistem teacher center.

Setelah saya terjaring sebagai calon guru penggerak dan mempelajari tentang filosofi pemikiran KHD saya merasa banyak kekurangan saya dalam melaksanakan proses pembelajaran selama ini, karena pembelejaran yang saya lakukan hanya berfokus pada pencapaian materi.

Kemudian saya mulai untuk mencoba menerapkan sistem pembelajaran yang sesuai dengan filosofi KHD yang salah satunya bahwa setiap peserta didik memiliki kodrat alam dan kodarat zaman yang berbeda-beda sehingga saya harus memahami karakteristik dari masing-masing anak.

Setelah saya mencoba ternyata hasilnya cukup memuaskan bahwa anak yang biasanya kurang di pembelajaran teori ternyata mereka lebih kreatif pada pembelajaran praktek, sehingga dalam proses pembelajaran porsi materi praktek lebih banyak di bandingkan porsi materi secara teoritis.

Memperbanyak materi pembelajaran Praktek

Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan

Setelah saya mulai menerapkan proses pembelajaran yang sesuai dengan filosofi pemikiran KHD, saya menyadari bahwa siswa memiliki gaya dan tujuan belajar yang beraneka ragam dalam memahami materi pembelajaran sesuai dengan kodratnya, ada yang suka belajar melalui visual, audio dan kinestetik selain itu siswa saat ini lebih tertarik menggunakan HP, sehingga pembelajaran yang saya sajikan harus bisa mengakomodir semua keragaman itu. Saya mencoba menggagas untuk membuat materi-materi pembelajaran yang beragam selain dari buku teks pembelajaran yang disediakan di perpustakaan saya juga mempersiapkan materi pembelajaran dalam bentuk online berupa vidio dan teks di website pribadi saya.

Link Materi Pembelajaran secara online https://www.herrydevi.web.id/materi-b-tik-kelas-9/

Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik

Pembelajaran dan pengalaman praktik baik yang dilakukan dalam pembelajaran, sebagai permulaan saya mulai mencoba membiasakan praktik baik yaitu selalu memberikan sebuah kata-kata motivasi dan nasehat dalam pembelajaran terutama nasehata-nasehat yang berhubungan dengan kultur sosial budaya minangkabau kepada peserta didik agar nanti setiap nasehat dan motivasi yang diberikan diharapkan bisa menuntun anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setringgi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat sesuai dengan kodratnya.

Selain itu saya juga mencoba menerapkan praktik baik di bidang kebersihan lingkungan yang disebut LISAMBIL (lihat sampah langsung ambil) di lingkungan sekolah

Perencanaan, Penerapan dan Pelaksanaan

Sebagai aksi nyata dalam penerapan pembelajaran ini saya melalukan perencanaan yaitu dengan mendesain pembelajaran yang sesuai dengan filosofi pemikiran KHD dan mengetahui karakteristik siswa terlebih dahulu dan berdiskusi dengan rekan sejawat di sekolah

Dalam pelaksanaan pembelajaran juga diberikan kesempatan kepada siswa untuk berkreasi sesuai dengan bakat dan minat siswa, selain itu saya juga menerapkan tutor sebaya yang merupakan perwujudan nilai Profil Pelajaran Pancasila yakni Bergotong Royong

Penerapan Tutor sebaya dalam proses pembelajaran

Sebagai refleksi dari apa yang direncanakan dan dilaksanakan, maka sebenarnya untuk proses pembelajaran sudah dapat berjalan dengan baik, akan tetapi masih banyak siswa yang kurang mau menjadi tutor untuk temannya dalam penerapan tutor sebaya, untuk solusi perbaikan berikutnya yaitu dengan memberikan pemahaman kepada siswa bahwa tentang fungsi dan manfaat dari pembelajaran tutor sebaya.