TUGAS PEMAHAMAN EKSPLORASI KONSEP
MODUL 2.1 PEMBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID
OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT
Fasilitator : Suhut Sudirman Simamora S.Pd
Pengajar Praktik : Dra. Sri Indrawati Prihatin Ningsih, M.S
Pada Bagian ini CGP akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman Anda tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer, Silakan lengkapi diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Jelaskanlah:
- Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?
Pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya. - Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?
– Lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar
– Tujuan pembelajaran jelas
– Terdapat penilaian berkelanjutan
– Guru merespon kebutuhan belajar siswa
– Manajemen kelas efektif - Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?
– Guru memvariasikan materi/media pembelajaran
– Hasil tugas siswa beragam atau lebih dari satu macam
– Ada diagnosis kemampuan awal siswa
– Mengutamakan nilai formatif - Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi?
– Pembelajaran berpusat pada guru
– Tugas dan penilaian sama tanpa memperhatikan karakteristik siswa
– Tidak ada pemetaan kemampuan dan kebutuhan siswa
– Materi hanya berfokus pada buku paket
DIAGRAM FRAYER